Pengukuran Kesiapan Sumberdaya Pembelajaran Pada Implementasi Pendidikan Jarak Jauh (E-Learning Readiness) di IKPIA Perbanas Studi Kasus Fakultas Teknologi Informasi
View/ Open
Date
2013-11-27Author
Prayitno, Deden
Hanifah, Riska
Gautama, Elliana
Metadata
Show full item recordAbstract
Setelah berdiri lebih dari 40 tahun, IKPIA Perbanas secara berkesinambungan terus melakukan berbagai terobosan, diantaranya pada tahun 2009 menciptakan visi baru, yaitu ingin menjadi lima (5) perguruan tinggi terkemuka di Asia pada tahun 2019. Salah satu langkah yang dilaksanakan adalah mengembangkan strategi pembelajaran, Pengembangan strategi dilakukan untuk mendapatkan cara terbaik dalam proses pembelajaran yang dapat meningkatkan prestasi mahasiswa dan lulusan sehingga memiliki daya saing yang tinggi. Saat ini media dan hasil evaluasi pembelajaran telah menggunakan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dengan online system berbasis internet. Untuk rencana belajar dan hasil nilai belajar sudah menggunakan aplikasi online (aplikasi star), tetapi untuk pembelajaran belum optimal, karena sampai saat ini masih pada tahap menggunakan fasilitas internet untuk tugas dan bahan ajar lewat e-mail, chat, forum, groups, belum sampai pada system aplikasi e-learning seutuhnya.
Kajian penelitian yang dilakukan dengan menggunakan metoda deskriptif dan teknik pengumpulan data dengan survey research (penelitian survey) dengan tahapan melakukan kajian pada sumber daya pembelajaran dibidang infrastruktur, sumber daya manusia, system dan prosedur, dan media pembelajaran, materi ajar, dimana langkah kajian dengan penyebaran kuisioner.
Hasil penelitian adalah mendapatkan tingkat kesiapan sumberdaya pembelajaran dalam merencanakan penerapan pembelajaran jarak jauh/e-learning, yang dapat digunakan sebagai acuan