Analisis Penerimaan Layanan E-Banking dengan Technology Acceptance Model (Studi Empiris pada Mahasiswa IKPIA Perbanas)
Abstract
Implementasi Teknologi Informasi di dunia perbankan telah memberikan inovasi baru terhadap jenis layanan transaksi dengan lebih mudah dan cepat. Perguruan Tinggi sebagai salah satu institusi yang harus memberikan layanan berbagai kemudahan layanan finansial bagi para mahasiswanya. Salah satunya adalah dengan mempertimbangkan dukungan sistem keuangan yang terhubung langsung dengan bank secara online dan real time. Sebelum menerapkan layanan e-banking perlu dilakukan analisis untuk melihat kesiapan penerimaan dan adaptasi mahasiswa sebagai pengguna layanan tersebut, agar dapat diimplementasikan secara optimal, sehingga hasilnya dapat sesuai dengan kebutuhan dan tepat sasaran. Pada penelitian ini digunakan pendekatan Technology Acceptance Model untuk mengetahui apakah faktor-faktor eksternal mempengaruhi niat mahasiswa sebagai pengguna layanan e-banking. Sehingga hasilnya dapat memberi gambaran bagaimana layanan e-banking dapat diaposi dan diterima dikalangan mahasiswa IKPIA Perbanas dan membantu pihak perbankan dalam perencanaan dan pengembangan layanan e-banking yang memenuhi persepsi pengguna di perguruan tinggi. Adapun objek penelitian ini studi empiris terhadap mahasiswa IKPIA Perbanas Jakarta.