Faktor-Faktor yang Berkontribusi Pada Prestasi Belajar Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi (FTI) Dalam Mempelajari Mata Kuliah Programming
View/ Open
Date
2013-05-03Author
Mildawani, MM
Faried, Isnin
Novita, Agnes
Metadata
Show full item recordAbstract
Penelitian ini berawal dari pengamatan bahwa selama ini mahasiswa FTI menunjukkan prestasi belajar yang beragam, dalam arti, sebagian menunjukkan hasil prestasi belajar yang tinggi, sebagian menunjukkan prestasi belajar yang sedang, dan sebagian menunjukkan prestasi belajar yang rendah terhadap mata kuliah programming (komputer) (MKP), yang merupakan “core” basic knowledge. Hal ini tampak dari performansi belajar Programming yang variatif. Dari indeks prestasi belajar mahasiswa diketahui bahwa kemampuan mahasiswa dalam mempelajari Programming berada pada level setara dengan nilai A (IP = 3.5 - 4.0), B (IP = 3.0 – 3.49), C (IP = 2.0 – 2.5), D (IP = 1.5 – 1.99), E (IP = 0). Lebih lanjut, pada penelitian ini dilaporkan bahwa kemampuan belajar MKP berkaitan erat dengan faktor-faktor di dalam dan di luar diri mahasiswa tersebut. Faktor-faktor di dalam diri tersebut, adalah minat, motivasi, bakat, kemampuan intelektual, dan fisik. Dan, faktor-faktor di luar diri adalah: dosen, kurikulum, sarana prasarana, dan lingkungan sosial.